Sunarsih

Aktif Berdayakan Warga

Berawal dari keinginannya untuk memberdayakan warga di Desa Gilingan Surakarta, Sunarsih mendaftarkan diri untuk menjadi Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Sebelum Desa Berdaya Gilingan resmi dibentuk, Sunarsih mengumpulkan beberapa tokoh Desa Gilingan untuk membahas masalah dan potensi Desa Gilingan. Menurutnya, dengan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak akan mempercepat tercapainya tujuan untuk memberdayakan warga.

“Di daerah saya masih banyak yang terjerat dengan rentenir. Apabila tidak dihentikan, maka akan semakin banyak warga yang terjerat riba. Setelah menjadi Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, saya memutuskan untuk mendirikan koperasi simpan pinjam bagi warga,” ungkap Sunarsih.

Selain Program Pemberdayaan Ekonomi, Sunarsih pun menginisiasi Program Lingkungan dengan membentuk KWT (Kelompok Wanita Tani) Mandiri Asri. Keaktifannya di bidang pemberdayaan dan lingkungan, menjadikan ibu tiga anak ini berhasil meraih Juara III mewakili RW 19 dalam Lomba PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) tingkat Desa Gilingan.

Perannya sebagai Fasilitator Desa Berdaya telah memberikan dampak positif bagi warga di sekitar Desa Gilingan. Meskipun sibuk di bidang pemberdayaan, namun Sunarsih tidak lupa terhadap perannya sebagai istri dan ibu untuk ketiga anaknya. Ia tetap melaksanakan tugas sebagai ibu rumah tangga seperti perempuan pada umumnya.

Tidak hanya itu, Sunarsih juga merupakan salah satu pendiri KSPPS (Koperasi Simpan 

Pinjam dan Pembiayaan Syariah) Puteri Berseri
di Solo. Ia berharap, dengan adanya koperasi
tersebut bisa memajukan usaha warga tanpa
meminjam modal kepada rentenir.

“Saya aktif diberbagai kegiatan pemberdayaan
karena mempunyai misi ingin keberadaan saya
bisa memberikan banyak manfaat kepada orang
lain. Meskipun banyak kegiatan, yang terpenting
kita harus bisa mengatur waktunya dengan baik
dan membuat skala prioritas, sehingga bisa
menjalankan tugas sesuai dengan perannya
masing-masing,” jelas Sunarsih.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya