LANSIA TEGALURUNG TETAP BERDAYA DENGAN USAHA ECOBRICK

“Awal mula muncul ide membuat kursi ecobrick yaitu dari program sedekah sampah yang sudah berjalan setahun lebih,” ujar Lastri Mulyani, Relawan Inspirasi Desber Tegalurung, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

Program Sedekah Sampah sendiri sebenarnya sudah berjalan cukup lama di Desber Tegalurung. Biasanya sampah dijual begitu saja dan uang hasil penjualan digunakan untuk kegiatan sosial. Namun karena hasilnya tak seberapa, Lastri berpikir untuk membuat kursi ecobrick agar hasilnya mempunyai nilai lebih.

Setelah percobaan beberapa kali akhirnya bulan lalu dimulailah produksi kursi ecobrick. Hingga saat ini telah terjual 15 kursi yang berasal dari “sampah” ini. Sekarang para PM sedang memproduksi pesanan sebanyak 5 kursi. Proses membuat kursi  ecobrick sebenarnya cukup mudah, diawali dengan memasukan sampah plastik kedalam botol, lalu botol disusun sesuai pesanan, selanjutnya dilapisi busa dan dikasih kain penutup.

 

“Yang memproduksi kursi ecobrick ini memang para Lansia. Awalnya saya berpikir bagaimana agar mereka tetap berdaya meski usia sudah senja, alhamdulillah usaha ecobrick ini perlahan mulai berkembang. Saya terus berharap semoga semakinbanyak pesanan kursinya, sehingga keuntungannya pun makin bertambah.

 

 

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya