CEK KESEHATAN RUTIN DI MARKAZ DOMBA PAMOYANAN

BOGOR. Pengecekan kesehatan domba di Markaz Domba Pamoyanan rutin dilakukan sebulan sekali. Ini dilakukan agar kesehatan domba terkontrol dengan baik. Sebab banyak penyakit yang tiba-tiba datang menyerang kesehatan domba, salah satunya adalah pencernaan, sehingga domba sulit tumbuh bahkan menjadi penyebab kematian.

“Salah ciri domba sehat yakni lincah, bermata cerah, dan di bagian bawah hidung basah mengilap, adapun bentuk fesesnya lunak membulat. Sedangkan domba sakit cenderung lemas, malas bergerak, dan pandangannya sayu, ungkap Suparman, tenaga kesehatan hewan di Markaz Domba, Ahad (27/10).

Rumah Zakat mengoptimalkan pemeriksaan kesehatan hewan ternak binaannya di Desa Berdaya Pamoyanan guna mencegah antraks dan penyakit lainnya yang bisa membahayakan kesehatan manusia juga. Menurut Suparman, ciri lain biasanya diare, sehingga jika menemukan domba seperti itu segera pisahkan ke kandang khusus dan obati. Tujuannya yaitu untuk mencegah penularan ke domba lain yang sehat.

Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka pencegahan, karena hingga kini belum menemukan kasus antraks maupun penyakit lainnya yang bisa membahayakan kesehatan kepada manusia, termasuk flu burung. Pencegahan penyakit antraks tersebut dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan hewan milik peternak Markaz Domba di Desa Berdaya Pamoyanan.

 

“Pemeriksaan kesehatan hewan itu setiap bulan dilakukan di Markaz Domba agar kesehatannya terkontrol dan pertumbuhannya baik,ujar Elan Jaelani,Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya