MENGHADAPI MUSIM PENGHUJAN, BPBD KAB. JEMBER KUKUHKAH DESTANA SUCI

JEMBER. Desa Suci menjadi satu dari tiga desa di Kabupaten Jember yang pada tahun 2019 ini dikukuhkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) Rumah Zakat. Program Desa Tangguh Bencana yang diinisiasi oleh Rumah Zakat dan dilakukan secara swadaya oleh komunitas pemuda desa mulai April 2019 kini telah resmi di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Jember.

“Destana sebagai organisasi masyarakat desa sangat penting untuk membantu kami dalam upaya pengurangan risiko bencana melalui kegiatan pencegahan sebelum bencana, penanganan saat bencana, hingga rehabilitasi pasca bencana,” ungkap Rudy Danarto, S.T, M.T selaku ketua bidang di BPBD Kabupaten Jember saat memberikan sambutan di acara pengukuhan.

Agenda pengukuhan yang dilakukan pada Sabtu, 14 Desember 2019 bertempat di Pendopo Kantor Desa Suci, dihadiri oleh Camat Panti, jajaran pemerintah Desa Suci, perwakilan RW di area rawan bencana, relawan Destana, serta komunitas relawan lainnya. Pengurus Destana meliputi ketua beserta wakil ketua, sekretaris, serta bendahara dikukuhkan dengan pembacaan ikrar relawan, dilanjutkan penandatanganan berita acara oleh BPBD Kabupaten Jember, Camat Panti, Kepala Desa Suci, dan ketua pengurus Destana.

“Relawan Destana setelah pengukuhan berarti telah resmi dan diakui untuk bertugas bersama BPBD Kab. Jember dalam agenda seputar kebencanaan. Hal pertama yang harus segera dilakukan adalah melengkapi mitigasi bencana di wilayah Desa Suci hingga menjadi bendel buku. Buku itu menjadi data penting untuk penanganan jika terjadi bencana,” seru Bapak Rahman selaku petugas pengukuhan dari BPBD Kabupaten Jember.

Saat ini sekitar 50 orang terdaftar dalam keanggotaan relawan Destana. Beberapa agenda yang telah dilakukan meliputi penyuluhan dan sosialisasi tangguh bencana, “Resik-resik kali”, mitigasi bencana, serta pengelolaan sampah rumah tangga bekerjasama dengan bank sampah.

 

 

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya