SISWA SMK NURUL SHOLAH DILIBATKAN DALAM PEMBUATAN MEDIA JAMUR TIRAM DI DESA BERDAYA SUKOWIRYO

JEMBER. Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sukowiryo, Kec Jebluk, Kab. Jember, Rahmat Hidayat melibatkan siswa SMK jurusan Pengolahan Hasil Pertanian Yayasan Nurus Sholah dalam proses pengolahan jamur tiram yaitu berupa pembuatan media jamur (beglog) dari hasil pengkomposan 15 hari lalu.

Tahap ini adalah tahap membuat media tumbuhnya jamur dengan memasukkan hasil pengkomposan serbuk ke dalam kantong plastik ukuran 38.

“Saya memang sengaja melibatkan siswa SMK ini,  agar mereka memahami bagaimana cara budidaya jamur tiram, yang semoga dapat memotivasi jiwa entrepreneur mereka,” ujar Rahmat Hidayat.

Pada tahap ini Rahmat Hidayat beserta 2 petani jamur tiram berharap bisa membuat 2000 media (beglog) dengan target hasil panen permedia nya adalah 0,7 kg. Untuk menghasilkan produksi maksimal 0,7 kg per media dibutuhkan proses dan prosedur pembuatan media yg tepat dan baik.

Rahmat Hidayat memang mempunyai rencana untuk menjadikan Desber Sukowiryo sebagai sentra budidaya jamur tiram dan desa wisata jamur. Selain kebutuhan jamur tiram yang terus meningkat, jamur tiram juga memiliki potensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar Sukowiryo.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya