LEPASKAN MASYARAKAT DARI RENTENIR, RUMAH ZAKAT INISIASI PRA KOPERASI UNTUK PELAKU USAHA KECIL

TEGAL. Sebagai upaya melepaskan masyarakat Desa Berdaya Banjaranyar dari ketergantungan pada  rentenir, Rumah Zakat melalui program ekonominya menginisiasi hadirnya program Pra Koperasi “Masyarakat Ekonomi Mandiri” untuk Pelaku Usaha Kecil di Desa ini.

Awalnya, Pra Koperasi ini fokus pada pemberian pinjaman untuk petani di desa ini. Namun, melihat semakin banyaknya masyarakat terutama pelaku ekonomi kecil yang sangat ketergantungan pada Bank “Uthuk” atau rentenir membuat Miska selaku fasilitator Desa Berdaya Banjaranyar berpikir untuk memperluas target keanggotaan ke pelaku ekonomi kecil di Banjaranyar ini.

Perlahan, anggota pra koperasi ini kian bertambah. Hal tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan pra koperasi ini makin terasa manfaatnya. Seperti yang dirasakan oleh Alfiah (45), anggota baru yang pada pertemuan bulan ini mendapatkan pinjaman modal untuk usaha nya yaitu aneka kue basah dan kering. Janda dua anak ini merasa senang mendapat pinjaman terlebih pinjaman yang ia dapatkan tidak ada bunga satu rupiah pun.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat. Karena program ini sangat membantu usaha saya yang minim modal. Apalagi dengan tidak diterapkannya bunga pinjaman, membuat lebih berani mendapatkan pinjaman ini,” ujar Alfiah penuh syukur pasca menerima pinjaman pada Minggu (09/02).

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya