LANGKAH AWAL RUMAH ZAKAT ATASI PERMASALAHAN STUNTING DESA BERDAYA JETIS

MADIUN. Kegiatan pencegahan stunting berupa intervensi gizi spesifik maupun sensitif bagi sasaran rumah tangga 1.000 HPK harus dipastikan meningkatkan kesehatan ibu dan anak, meningkatkan pemenuhan gizi anak dalam 1.000 HPK, meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, maupun meningkatkan kualitas pengasuhan bagi anak usia dini. Oleh karena itu, Rumah Zakat turut mengambil langkah melalui fasilitatornya dalam pencegahan maupun penanganan stunting, dimulai dari tingkat desa. Jangka pendek, langkah yang diambil diaplikasikan di desa berdaya, yakni desa yang mendapat pendampingan khusus dari fasilitator Rumah Zakat dalam beberapa aspek bidang, salah satunya bidang kesehatan.

Eka Restia yang merupakan fasilitator Rumah Zakat di Desa Jetis, Kec Dagangan, Kab Madiun memulai langkah awal mengatasi permasalahan stunting di Desa Jetis, Kec Dagangan, Kab Madiun. Dari data yang diambil berdasar hasil timbang Agustus 2019 melalui data UPT Puskesmas Jetis, jumlah balita stunting di Desa Jetis ada 28, dari 167 balita atau jika diprosentasekan mencapai 16,8 persen. Dimulai dari pendataan, fasilitator Rumah Zakat akan memperoleh data status gizi anak, umur dan status tikar serta capaian indikator layanan tenaga kesehatan dan pemerintah desa setempat.

“Kita sudah lakukan pendataan di dua posyandu desa. Tinggal satu lagi yang akan dilaksanakan hari Rabu pekan ketiga. Setelahnya kita akan bikinkan record card bagi balita stunting. Setiap kali posyandu, record card tersebut harus dibawa untuk memudahkan kita lakukan pemantauan bulanannya. Jadi semacam rekam medis balita stunting”, papar Eka.

Diakhir pendataan, Eka Restia juga membagikan kornet kepada salah satu balita yang terindikasi stunting berdasar hasil timbang Agustus 2019, yakni Varid Fajar Ramadhani. “Terimakasih mbak, Varid memang susah sekali makannya. Saya juga sudah diberi tahu sama puskesmas kalau pertumbuhan varid terlambat”, pasrah Ibu Varid. “Pendataan ini merupakan langkah awal, balita-balita stunting disini terus akan Rumah Zakat melalui Cita Sehat Foundation pantau perkembangannya melalui record card. Dan dilakukan tindakan-tindakan preventif maupun kuratif sesuai rencana saya, tim KPM Desa serta Bidan dan Tim Gizi UPT Puskesmas Jetis,” Eka Restia menjelaskan.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya