KREATIF! WARGA DESA SEMPU BLORA MEMBUAT WASTAFEL TANPA KRAN UNTUKMEMUTUS RANTAI COVID-19

BLORA. Untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona ini, Siti Karyani, Relawan Inspirasi Rumah Zakat bersama dengan warga Desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora, membuat kreasi wastafel tanpa kran sehingga orang yang mencuci tangan tidak perlu melakukan kontak dengan pemutar keran.

Wastafel ini cukup unik penggunaannya dibanding dengan alat cuci tangan lainnya. Untuk mencuci tangan di wastafel, kita tidak perlu menyentuh kran air dengan tangan. Melainkan cukup menginjak pedal dengan kaki pada bagian bawah kemudian air  dan sabun akan mengalir dengan sendirinya. Dan alat ini juga tidak mengunakan listrik jadi ramah lingkungan.

“Wastafel ini sengaja didesain tidak menggunakan tangan, agar bebas atau steril dari Virus Corona,” ujar Siti Karyani.

Menurutnya, potensi penyebaran virus besar kemungkinannya melalui tangan. untuk itu, kita minimalisir keterlibatan tangan pada alat ini.

“Jangan sampai kita bermaksud cuci tangan untuk menghindari virus tersebut, justru tertular melalui kran air yang disentuh banyak tangan,” katanya.

Memang banyak cara dilakukan masyarakat saat sekarang ini demi terhindar dari infeksi virus corona. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. WHO menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik atau physical distancing, demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Selain mencuci tangan, masyarakat juga diimbau untuk membersihkan permukaan benda yang sering dipegang, seperti gagang pintu hingga keran wastafel karena virus Corona dapat bertahan hidup di plastik dan stainless steel dalam beberapa hari.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya