BERASA PANNULUNG DI DESA BERDAYA TOPEJAWA

TAKALAR. Setiap daerah memiliki budaya atau kearifan lokal dalam membantu sesamanya, seperti halnya di Jawa dengan budaya jimpitannya, maka masyarakat desa berdaya Topejawa juga memiliki semangat yang sama, mereka menyebutnya dengan istilah “Berasa Pannulung” atau jika diartikan  menolong dengan beras. Kegiatan ini merupakan kearifan lokal topejawa, dimana warga yang berkecukupan memberikan berasnya untuk membantu saudaranya yang membutuhkan, melalui semangat gotong royong, harapannya dapat membantu kesulitan warga di tengah pandemi virus Corona, tepatnya di Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan “Berasa Pannulung” atau menolong dengan beras ini kembali dihidupkan oleh Bapak Usman Dsau selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Muhaemin selaku tokoh pemuda dan dukungan dari Pemerintah Desa Topejawa yang tidak kalah penting dalam mengajak masyarakat untuk terus melestarikan budaya gotong royong ini di Desa Topejawa, terlebih di tengah pandemi covid-19.

“Alhamdulillah Berasa Pannulung Desa Topejawa InsyaaAllah kita kumpulkan dan dibagikan kepada warga terdampak atau sangat membutuhkan, selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi sarana  lumbung pangan desa dalam menjamin ketersediaan beras di tengah kondisi wabah Covid 19” ungkap Usman Dsau selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat wilayah Takalar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bapak Anwar, S. Sos selaku PJ Kepala Desa Topejawa, menurutnya “Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami mendukung penuh kegiatan Berasa Pannulung ini, di tengah wabah seperti saat ini kita harus menghidupkan jiwa tolong menolong dan gotong royong, dimana yang berkecukupan memberikan rezekinya kepada tetangganya yang membutuhkan.”

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya