KEDUNGREJOSO LUNCURKAN GEROBAK TANGGUH UNTUK MENSUPPORT DUSUN TANGGUH

PROBOLINGGO. Desa Berdaya Kedungrejoso, Probolinggo meluncurkan Gerobak Tangguh sebagai salah satu item yang difungsikan untuk mendukung program Dusun Tangguh.

Gerobak Tangguh yang juga diresmikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin, Wakil Bupati Probolinggo H. A. Timbul Prihanjoko, Dandim 0820 Letkol Inf. Imam Wibowo dan Kapolres Probolinggo AKBP Ferdi Irawan ini merupakan inovasi baru di dunia literasi. Bahkan bisa dikatakan satu-satunya di Indonesia.

Asalnya Gerobak tangguh ini adalah sebuah gerobak baca keliling milik Perpusdes Sang Juara Binaan Rumah Zakat yang mempunyai fungsi sebagai pustaka bergerak. Gerobak ini kemudian dimodifikasi dengan penambahan  wastafel di bagian belakang gerobak, sehingga anak-anak ataupun warga yang ingin meminjam dan membaca buku bisa mencuci tangan sebelum dan sesudahnya. Hal ini dilakukan demi terciptanya rasa aman dan nyaman untuk warga yang ingin membaca buku. Gerobak Tangguh ini mempunyai misi mengkampanyekan gerakan masyarakat gemar membaca dan rajin cuci tangan dengan sabun utamanya dalam menangkal penyebaran Covid 19.

Gerobak Tangguh dijadikan sebagai sarana baca bagi masyarakat yang masih khawatir untuk keluar rumah. Memberikan rasa bahagia kepada masyarakat dengan kegiatan membaca buku yang mereka sukai tanpa harus jauh-jauh pergi ke perpustakaan. Cukup tunggu gerobak tangguh lewat depan rumah, warga sudah bisa membaca dan meminjam buku dengan aman. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung kampanye “Kami Bahagia Di Rumah”.

Syarifuddin Relawan Inspirasi Kedungrejoso juga berkolaborasi dengan Relawan Nusantara Probolinggo memberikan edukasi pengenalan covid-19 dan protokol kesehatan dalam rangka New Normal di salah satu TPQ yang ada di Desa Kedungrejoso. Anak-anak diedukasi bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun yang benar dan mempraktekkan langsung di Gerobak Tangguh. Selain itu, dijelaskan juga  protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan seperti pemakaian masker, mencuci tangan dengan benar, dan berperilaku hidup sehat. Semoga dengan adanya Gerobak Tangguh ini menjadikan anak-anak dan warga sekitar menjadi pribadi yang gemar membaca namun tetap sehat dan terhindar dari covid-19.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya