DALAM RANGKA HUT RI KE-75 BERBAGAI PERLOMBAAN DIGELAR DI DESA BERDAYA RUMAH ZAKAT

BANDUNG. Setiap tanggal 17 masyarakat Indonesia selalu menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Selain upacara hal lain yang selalu jadi agenda rutin adalah digelarnya perlombaan-perlombaan untuk menyemarakan HUT RI ini. Mulai dari kalangan para pejabat hingga kalangan rakyat biasa pun ikut memperingati hari jadinya bangsa kita ini. Baik di kota maupun di desa, dari Sabang sampai Merauke hal yang samapun dilakukan.

Rumah Zakat melalui program Desa Berdaya telah membina lebih dari 1000 desa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Desa Berdaya Binaan Rumah Zakat inipun tidak mau ketinggalan ikut memeriahkan acara HUT RI ini. Berbagai acara digelar dengan konsep dan kekhasan wilayahnya masing-masing.

Seperti halnya yang dilakukan di Desa Bringin Kec. Srumbung Kab. Magelang Jawa Tengah. Desa ini melalui Fasilitatornya yakni Martini mengadakan kegiatan Sepeda Gembira. Kegiatan bersepeda dengan berkeliling desa ini diikuti oleh 40 anak-anak Desa Bringin. Selain itu ada berbagai doorprize yang ikut dibagikan. Hal ini membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat.

Kegiatan lain digelar di Desa Bojong Kec. Cikembar Kab. Sukabumi Jawa Barat. Di desa ini digelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan. Deretan acara disusun demi memeriahkan acara ini.

Diantaranya Upacara Bendera, berbagai perlombaan, Bakar Ikan dan Makan Sore, hingga acara puncak yakni Nobar & Pembagian Hadiah. Perlombaan pun dimulai dari Balap Karung, Balap Kelereng, Makan Kerupuk, Lari Balok Kayu, Lari Bakiak, Pukul Air, lomba Mancing Mania, dan Lomba Tangkap Ikan. Lebih dari 50 anak Rumah Quran di desa mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan lainnya digelar di Desa Suka Maju Kec. Tanjung Tiram Kab. Batu Bara Sumatera Utara. Berbagai lomba edukatif diadakan mulai pada tanggal 16 sampai 17 Agustus. Lomba yang dipertandingkan adalah lomba true or false yang diikuti oleh beberapa anak anak RBJ (Rumah Belajar Juara) dan LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan ) Juara. Pertandingan ini menguji anak anak dengan berbagai pertanyaan umum dan mata pelajaran yang biasa mereka temui di sekolah mereka dengan hanya menjawab benar atau salah. Mereka akan mengacungkan simbol centang (v) untuk jawaban yang benar dan simbol kali (x) untuk jawaban yang salah. Di akhir pertandingan ini yang hanya mendapatkan 1 pemenang saja yaitu anak yang bernama Vina.

“Kami senang dengan adanya lomba-lomba seperti ini, soalnya kami sudah mulai rindu dengan sekolah kami, yang teringat kami biasanya ada pawai, lomba di sekolah, tapi sekarang tak bisa semuanya sunyi dikarenakan corona” Kata Nabila salah satu anak pas ditanya perasaannya mengikuti lomba ini.

Desa berikutnya adalah Desa Sukamanah Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya Jawa Barat. Di desa ini sebelum melaksanakan kegiatan perlombaan dimulai dengan mengadakan upacara bendera yang digelar dengan hidmat. Kemudian dilanjut perlombaan mulai dari lomba makan kerupuk, tarik tambang, jalan di bambu, panjant pinang, balap karung dan perlombaan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai edukasi juga pada anak bahawa perjuangan adalah hal terpenting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan begitu pula para penjuang pahlawan terdahulu dalam meraih kemerdekaan, mereka berjuang demi kemerdekaan ini.

Selanjutnya Desa Warnasari Kec. Pangalengan Kab. Bandung Jawa Barat. Berbagai perlombaan hiburan diselenggarakan di desa ini. Kegiatan diikuti oleh anak-anak serta orangtua binaan Rumah Zakat. Mulai dari lomba balap karung, balap kelereng, lomba memindahkan karet gelang, memasukan paku dalam botol, lomba balon dan banyak lomba lainnya. Walau dengan kondisi saat ini yang mengharuskan menerapkan protokol kesehatan, tapi tidak menyurutkan semangat dan antusias anak-anak untuk mengikuti lomba agustusan tahun ini.

Selain desa-desa yang disebutkan tadi, banyak juga desa berdaya lainnya yang menggelar perlombaan ini, tentunya dengan memperhatikan protokol-protokol kesehatan. Meskipun terkesannya hanya hiburan, tapi dibalik itu ada nilai yang bisa diambil, salah satunya nilai perjuangan, nilai kebersamaan, nilai kekompakan, nilai kerjasama, dan banyak lagi nilai lainnya yang bisa jadi pelajaran.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya