BADAN USAHA MILIK MASYARAKAT (BUMMAS) JETIS BERDAYA MENCOBA PROSPEKTUS PASAR DAGING

MADIUN. Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) Jetis Berdaya yang merupakan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Rumah Zakat di Desa Jetis, Kec Dagangan, Kab Madiun kali ini mencoba peluang pasar daging. Pengelola BUMMas berpikir untuk mencari prospektus usaha apa saja yang bisa dijajaki di masa pandemi ini.

Awalnya BUMMas fokus pada unit kandang di program breeding dan fatening, serta unit pakan di produksi silase dan konsentrat. Namun melihat harga pasar yang tidak stabil, membuat pengelola BUMMas mendorong unit usaha baru yang dirintis Juli lalu, yaitu Unit Olahan Hasil Ternak.

 

Unit Olahan Hasil Ternak BUMMas yang sudah ada dua produk, yakni Aqiqah Siap Saji dan Pupuk Organik Kohe, kini mulai menjual daging potong. “BUMMas mencoba memberanikan diri menjual daging. Selain itu juga tulang, kepala kaki, dan jeroan semua dijual”, ungkap Eka Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

 

Eka menjelaskan pembukaan usaha baru ini dalam Unit Olahan Hasil Ternak BUMMas dilatarbelakangi adanya peluang pasar untuk cashflow BUMMas bisa terus berputar sambil menunggu harga pasar domba stabil. “Ada permintaan dari penjual tengkleng awalnya. Kita diskusikan dengan pengelola BUMMas, berani gak kita jual daging dan lain-lain itu. Dan pengelola BUMMas sepakat. Terus diitung itung, harganya juga masuk”, jelas Eka

 

Rencananya, rintisan usaha ini akan menargetkan UMKM yang bergerak di bidang kuliner seperti sate gule tengkleng, dll. Saat ditanya kendala pemberdayaan di masyarakat desa berdaya, Eka mengatakan semua mengalir saja. “Ya, kita mengalir saja. Yang penting solidkan tim. Jadi mau jatuh seperti apapun, tim kuat. Apalagi pasar sedang tidak stabil sekarang ini,” pungkasnya.

Hubungi Kami

Jl. Turangga No.33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Sumber: https://www.desaberdaya.id

 

Mitra Kami

Copyright © 2019 Desa Berdaya